Minggu, 10 April 2011

..Prestasi Belaka..


Siapa si yang ga mau berprestasi? Hanya orang-orang yang tidak mau tahu dan tidak mempunyai kesungguhan dalam hidup ini yang tidak ingin berprestasi menurut saya. Prestasi merupakan suatu keadaan dimana suatu yang diperoleh dengan usaha dan keyakinan bahwa hal tersebut akan bisa dicapai, atau dengan kata lainnya keberhasilan/ pencapaian dalam suatu tujuan (hal yang diinginkan). Iya kan?

Prestasi di dunia ini terutama. Ketika kita berprestasi dalam bidang olahraga, akademik, atau hal yang lainnya kita akan merasa bangga karena merasa diri kita jauh lebih baik dibanding orang lain. Senang dengan ucapan selamat yang diucapkan teman, saudara, orang tua, guru, dosen, dan banyak orang lainnya atas prestasi yang telah diraih tersebut. Bak seperti artis aja, sampai disanjung-sanjung dan disebut-sebut namanya dan prestasi yang telah diraihnya.

Banyak orang dan sahabat kita telah mencapai suatu prestasi tersebut dengan kesungguhan dan ketekunannya. Termasuk mungkin saya dapat sedikit menulis karya ini (suatu prestasi bagi diri pribadi saya maksudnya). Tapi, apa ya kira-kira tujuan dari prestasi itu sendiri? Ini yang sering menjadi tanda tanya besar bagi kita.

Sedikit berbagi saja sahabat. Terkadang kita salah mengartikan apa yang telah kita capai tersebut, dengan keberhasilan atas hal tersebut sering menjadi alat untuk “unjuk gigi” di mata orang lain. Ini lo saya? Kasarannya begitu lah. Secara tidak kita sadari, terkadang niat mencapai suatu prestasi sedikit menyimpang dari “jalurnya”. Hanya karena ingin dipuji dan disanjung orang lain. Naudzubillah

Ituah prestasi dunia semata sahabat, hanya karena ingin mendapat pujian dari orang-orang terdekat kita, kita sangat merasa bangga dengan apa yang telah kita raih tersebut. Ga masalah sebenarnya asal niatnya bagus, tapi yang menjadi masalah ketika kita telah meraih prestasi tersebut dan membanggakan diri (menyombongkan diri), itu yang menjadikan prestasi tersebut mudarat.

Kita terkadang bangga hanya dengan sekedar ucapan selamat!! Sahabat. Prestasi dunia hanya bohongan (istilahnya gitu lah).

Coba liat dah kalimat yang sangat dan begitu istimewa yang diturunkan oleh Allah sebagai kalimat penyemangat bagi hambanya :

“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam syurga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke syurga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah syurga ini, sedang kamu kekal di dalamnya." (Q.S Az-Zumar:73)

Ya, inilah sedikit lampiran yang bisa saya bagikan. Ketika Allah sudah menjanjikan kepada hambanya bahwa siapa yang bertakwa maka akan mendapat suatu balasan yang sangat luar biasa istimewanya. Ya, Syurga merupakan tempat kembali orang-orang yang bertakwa dan beriman kepadanya.
Iniah prestasi yang sesungguhnya sahabat, ketika kita berprestasi dalam melakukan pendekatan kepada-Nya. Ketika kita berusaha maksimal untuk mencapai apa yang telah dijanjikan Allah kepada kita. Itulah suatu prestasi yang sesungguhnya, prestasi yang langsung diucapkan oleh Allah swt.

Bagaimana cara meraihnya?

Allah telah menjelaskannya dalam Al-Qur’an, hanya dengan berpedoman pada Al Qur’an dan As Sunnahnya lah prestasi yang sebenar-benarnya dapat kita raih. Istiah kerennya, hanya dengan bimbingan islam inilah kita dapat meraih prestasi tersebut. Teruslah menebar dan memberikan manfaat bagi orang lain. Insyaallah Allah dan Rasul-Nya senantiasa melihatmu.

Teruslah berjuang dan berprestasilah di jalan yang ini, jalan yang mungkin sebagian orang lain mengatakan kita itu menempuh jalan yang tersesat. “Tersesat di jalan yang benar.”

*erwinaallomboky
11 April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar